Senin, 27 Januari 2014

The One and Only Ivan by Katherine Applegate


###


Judul: The One and Only Ivan
Penulis: Katherine Applegate
Penerbit: HarperCollins
Genre: Children, Fable
Bintang: 
Sinopsis:

Winner of the 2013 Newbery Medal and a #1 New York Times bestseller, this stirring and unforgettable novel from renowned author Katherine Applegate celebrates the transformative power of unexpected friendships. Inspired by the true story of a captive gorilla known as Ivan, this illustrated novel is told from the point-of-view of Ivan himself.

Having spent 27 years behind the glass walls of his enclosure in a shopping mall, Ivan has grown accustomed to humans watching him. He hardly ever thinks about his life in the jungle. Instead, Ivan occupies himself with television, his friends Stella and Bob, and painting. But when he meets Ruby, a baby elephant taken from the wild, he is forced to see their home, and his art, through new eyes.

The One and Only Ivan was hailed as a best book of the year by Kirkus, School Library Journal, and Amazon, demonstrating it is a true classic in the making. In the tradition of timeless stories like Charlotte's Web and Stuart Little, Katherine Applegate blends humor and poignancy to create Ivan's unforgettable first-person narration in a story of friendship, art, and hope. An author's note depicts the differences between the fictional story and true events.

Supports the Common Core State Standards.


My Review:

Aku suka sekali buku ini. Lima bintang dariku! Layak banget mendapatkan penghargaan Newbery Medal da n jadi bestseller! Masalahnya, mereview buku bintang lima itu susaaah sekali!!

Pertama kali aku kenalan dengan karya-karyanya Katherine Applegate itu waktu sekolah, dari serinya yang berjudul Animorphs! Aku selalu nunggu-nunggu lanjutan novelnya dan sedih banget waktu tahu lanjutannya nggak diterjemahin lagi. Nanggung banget! Padahal petualangan Animorphs masih panjang dan bikin penasaran. Begitu tahu Katherine Applegate ini nulis buku lain dan aku udah lumayan mampu membaca novel dalam bahasa Inggris, aku pun langsung memilihnya untuk tema baca bareng bulan Januari ini.

Dari membaca Animorphs, aku tahu kalau penulis sangat paham dengan dunia hewan. Dan di buku The One and Only Ivan ini pun segalanya terasa sangat wajar. Gajah yang memiliki memori kuat, gorilla yang seperti manusia, sampai anjing yang pintar. Membaca buku ini membuatku tersenyum, juga menangis. Terutama ketika sesuatu yang terjadi pada Stella, gajah sahabat Ivan. Aku pun sangat menyukai bagaimana pertemuan Ivan dengan Bob, si anjing liar. Manis sekali dan sangat menyentuh. Lalu si kecil Julia yang bisa mengerti pikiran Ivan. Ah, aku suka banget.... Endingnya pun sangat memuaskan buatku.

Dan nggak lupa dengan komentar-komentar Ivan tentang manusia yang seringkali bikin aku ketawa karena benar.

Buku ini sangat recommended!


XOXO,





Buku ini dibaca untuk:
Posbar BBI Fabel
Lucky No. 14

9 komentar:

huaaaa penasarannnnn masih wishlist sampe sekarang. pokoknya harus baca ah XD

Aku juga belum baca fabel ini.. >_< *banyak belum bacanya*

Buku ini reviewnya bagus2 semua, ah, kapan ya nyempetin baca

ini ada versi terjemahannya ga mbak? kayaknya belum pernah liat yang versi terjemahannya

Belum ada, mba.. aku baca via ebook, bahasa inggrisnya mudah kok soalnya untuk anak2.

wah, baru tau buku ini dan tampak menarik! ;)

@lucktygs
http://luckty.wordpress.com/2014/01/30/review-the-frog-princess/

Posting Komentar